BLOG

gambar

Idul Adha dan Haji

06 Juli 2022
Umat Islam akan merayakan hari raya besarnya, yaitu Idul Adha. Peringatan ini dikenal pula sbg Hari Raya Haji, dimana kaum muslimin sedang menunaikan haji yang utama yaitu wukuf di Arafah. Melihat dari sejarah, ibadah ini dijalankan setelah Nabi Ibrahim AS selesai membangun Ka'bah. Namun, seiring perjalanan waktu lambat laun baik bentuk maupun tujuan ritual haji pun berubah. Ketika periode pra-Islam, haji menjadi acara beberapa festival dan kegiatan seperti kompetisi puisi. Selain itu, terdapat patung berhala mengelilingi Ka'bah yang dipasang oleh orang Mekkah maupun pendatang luar negeri.
LANJUTKAN MEMBACA
gambar

Qurban vs Anhara

23 Juni 2022
Qurban vs Anhara Sebentar lagi kita umat Islam akan bertemu dengan Hari Raya Akbar yaitu 'Iedul Adha. Hari raya tersebut juga biasa disebut sebagai Hari Raya Kurban dikarenakan adanya ritual untuk berkurban. Ayat yang sering digunakan sebagai landasannya adalah ayat berikut: "Sungguh, Kami telah memberimu nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)." (QS.Al-Kautsar[108]:1-3)
LANJUTKAN MEMBACA
gambar

Dunia vs Akhirat

17 Juni 2022
[Dunia vs Akhirat] Assalamu'alaikum wr wb sobat Yabima, sebagai orang yang beriman dan bertakwa, kita harus meyakini akan adanya kehidupan di akhirat. Hal ini sudah tertulis di dalam Al-Qur'an: "Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al-Qur'an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat." (QS.Al-Baqarah[2]:4)
LANJUTKAN MEMBACA