Idul Adha dan Haji

06 Juli 2022
gambar

Umat Islam akan merayakan hari raya besarnya, yaitu Idul Adha. Peringatan ini dikenal pula sbg Hari Raya Haji, dimana kaum muslimin sedang menunaikan haji yang utama yaitu wukuf di Arafah.

Melihat dari sejarah, ibadah ini dijalankan setelah Nabi Ibrahim AS selesai membangun Ka'bah. Namun, seiring perjalanan waktu lambat laun baik bentuk maupun tujuan ritual haji pun berubah. Ketika periode pra-Islam, haji menjadi acara beberapa festival dan kegiatan seperti kompetisi puisi. Selain itu, terdapat patung berhala mengelilingi Ka'bah yang dipasang oleh orang Mekkah maupun pendatang luar negeri.

Setelah itu Islam bangkit lewat perjuangan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat setelah 13 tahun berjuang di Mekkah usai Rasulullah dan umat Islam berhijrah kesana. Pada tahun 5 H, Allah menurunkan perintah untuk melaksanakan syariat Haji, namun belum bisa dilaksanakan karena situasi belum kondusif dan Ka'bah masih dikuasai kaum musyrikin Mekkah. Lalu pada tahun 6 H, karena sangat rindunya dg Mekkah dan juga Nabi bermimpi memasuki Mekkah, Nabi beserta para sahabat berangkat ke Mekkah. Namun qadarullah mereka masih dihalangi oleh kaum musyrikin Mekkah, hingga lahirlah perjanjian Hudaibiyah. Karena perjanjian tersebut, Allah membuka jalan untuk dakwah secara luas dan akhirnya Mekkah dapat difutuhkan di tahun 8 H. Barulah setelah itu di tahun 10 H, Rasulullah dapat menunaikan Haji pertama dan terakhirnya yang kita kenal dengan Haji Wada. Masyaa Allah, Allah berkenan haji ditunaikan saat tidak ada lagi kemusyrikan disana, Allahu Akbar! (3x)

Kalau kita lihat kalimat Talbiyah, isinya adalah seruan bahwa tidak ada sekutu bagi Allah dan segala puji, nikmat, kekuasaan adalah milik Allah.
"Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sungguh, segala puji, nikmat, dan segala kekuasaan adalah milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu."

Semoga kita dapat hidup lepas dari kemusyrikan, dan suatu hari nanti dapat memenuhi panggilan Allah berkunjung ke Baitullah, aamiin yra.

#BumiInsanMadani #Yabima #IdulAdha #Haji #TiadaSekutu #KekuasaanMilikAllah