BLOG

gambar

Takut pada Allah

29 Juli 2022
Ibadah haruslah dibangun di atas tiga pilar utama, yaitu rasa cinta (mahabbah), rasa takut (khauf), dan rasa penuh harap (raja’). Ketika ketiganya terwujud dalam diri seorang hamba, maka terwujudlah ibadah dan ibadah tersebut akan bermanfaat bagi dirinya. Namun jika salah satu atau bahkan ketiganya tidak ada, maka ibadahnya akan sia-sia, meskipun dia rajin shalat atau berpuasa.
LANJUTKAN MEMBACA
gambar

Kata-Kata Mutiara dan Nasehat Ali bin Abi Thalib

22 Juli 2022
Assalamu'alaikum wr wb. Halo sobat Yabima, sahabat terakhir yang menjadi khalifah dengan menggunakan manhaj nubuwwah adalah Ali bin Abi Thalib. Beliau menjadi khalifah ke empat menggantikan Utsman bin Affan selama 4 tahun, yaitu tahun 35-40 H (656-661 M). Beliau merupakan sepupu dari Rasulullah SAW. Beliau pun termasuk sahabat yang sudah dijamin masuk surga.
LANJUTKAN MEMBACA
gambar

Kata-Kata Mutiara dan Nasehat Umar bin Khaththab

15 Juli 2022
Assalamu'alaikum wr wb. Halo sobat Yabima, sahabat Rasulullah lainnya yang sudah dijamin masuk surga adalah Umar bin Khaththab. Walaupun pada mulanya beliau memusuhi Islam, namun qadarullah Allah melembutkan hatinya saat membaca QS.Thaha:1-16. Setelah itu beliau pergi menemui Rasulullah untuk taslim hingga menjadi salah satu khalifah Muslim paling kuat dan berpengaruh dalam sejarah. Beliau menggantikan Abu Bakr sebagai khalifah kedua pada tahun 634 M. Beliau adalah seorang ahli hukum Muslim yang saleh dan adil, yang membuatnya mendapatkan julukan Al-Faruq, orang yang membedakan benar dan salah.
LANJUTKAN MEMBACA