Takut pada Allah

29 Juli 2022
gambar

Ibadah haruslah dibangun di atas tiga pilar utama, yaitu rasa cinta (mahabbah), rasa takut (khauf), dan rasa penuh harap (raja’). Ketika ketiganya terwujud dalam diri seorang hamba, maka terwujudlah ibadah dan ibadah tersebut akan bermanfaat bagi dirinya. Namun jika salah satu atau bahkan ketiganya tidak ada, maka ibadahnya akan sia-sia, meskipun dia rajin shalat atau berpuasa.

Dengan mahabbah, menyebabkan seseorang terdorong untuk melaksanakan kewajiban. Dan dengan rasa takut (khauf), menyebabkan seseorang terdorong untuk meninggalkan maksiat. Meskipun orang yang meninggalkan maksiat juga mencari ridha Allah, akan tetapi yang menjadi titik tolaknya adalah rasa takut. Jika kita bertanya, "Mengapa Engkau tidak berzina?" Maka dia akan menjawab, "Karena takut kepada Allah." Jika kita bertanya, "Mengapa Engkau shalat?" Maka dia akan menjawab, "Karena mengharap pahala dari Allah dan karena mencintai-Nya."

Bagaimana kita memupuk rasa takut kepada Allah SWT?
1. Mengingat betapa lemahnya kita, dan betapa Allah Maha Perkasa
2. Memupuk rasa cinta kepada Allah
3. Adzab Allah sangatlah pedih

Ada sebagian orang merasa sudah banyak beramal sehingga ia pun merasa Allah tidak mungkin mengadzabnya. Hilang darinya rasa takut kepada Allah. Dalam QS.Al A’raf[7]:99 Allah berfirman,
"Apakah kalian merasa aman dari makar Allah? Tidaklah ada orang yang merasa aman dari makar Allah kecuali orang-orang yang merugi."

Adapun orang beriman, ia senantiasa khawatir atas dosa yang ia lakukan. Abdullah bin Mas’ud ra berkata: "Seorang yang beriman melihat dosa-dosanya bagai ia sedang duduk di bawah gunung yang akan runtuh, ia khawatir tertimpa. Sedangkan orang fajir (ahli maksiat), melihat dosa-dosanya bagaikan lalat yang melewati hidungnya"
(HR.Bukhari 6308)

Semoga kita menjadi hamba-hamba Allah yang senantiasa takut kepada-Nya, sehingga dengan itu kita enggan mengabaikan segala perintahNya dan enggan melanggar segala laranganNya.

Sumber:
https://muslim.or.id/29873-takut-kepada-allah-01.html
https://muslim.or.id/11168-memupuk-rasa-takut-kepada-allah.html

#BumiInsanMadani #Yabima #Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Donasi #TakutPadaAllah