Kata-Kata Mutiara dan Nasehat Ali bin Abi Thalib

22 Juli 2022
gambar

Assalamu'alaikum wr wb.

Halo sobat Yabima, sahabat terakhir yang menjadi khalifah dengan menggunakan manhaj nubuwwah adalah Ali bin Abi Thalib. Beliau menjadi khalifah ke empat menggantikan Utsman bin Affan selama 4 tahun, yaitu tahun 35-40 H (656-661 M). Beliau merupakan sepupu dari Rasulullah SAW. Beliau pun termasuk sahabat yang sudah dijamin masuk surga.

Salah satu kisah beliau yang dapat menjadi pelajaran bagi kita adalah saat beliau diajak masuk Islam oleh Rasulullah SAW. Saat diajak, beliau sempat menunda memberi jawaban karena hendak meminta pertimbangan ayahnya yakni Abi Thalib. Pada malam harinya sebelum bertemu ayahnya dia sempat berfikir dan agak kebingungan. Namun di pagi harinya beliau dengan tegas melahirkan imannya dan berkata kepada Rasulullah SAW,
"Allah telah menciptakan aku dengan tidak bermusyawarat dengan Abu Thalib. Maka mengapa aku harus bermusyawarat dengannya untuk mengabdi pada Allah?"

Dari beliau pun kita bisa mendapatkan banyak hikmah dari kata-kata mutiara dan nasehatnya. Yuk simak kata mutiara dan nasehat tersebut dengan menggeser gambar postingannya ke kanan, semoga dapat menjadi inspirasi dan pengingat serta nasehat bagi kita semua.

  • Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan, tapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan.
  • Kehidupan ini tidak lain hanyalah seperti bayangan awan, mimpinya seorang yang tertidur.
  • Jagalah dirimu dari sifat marah. Karena kemarahan itu dimulai dengan kegilaan dan berakhir dengan penyesalan.
  • Lebih baik mendengarkan musuh yang bijak daripada meminta nasihat dari teman yang bodoh.
  • Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu.
  • Sabar sesaat saja di saat marah akan menyelamatkan kita dari ribuan penyesalan.
  • Jadilah seperti bunga yang memberikan keharuman bahkan kepada tangan yang telah merusaknya.
  • Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun. Karena yang menyukaimu tidak membutuhkan itu, dan yang membencimu tidak mempercayai itu.
  • Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia.

#BumiInsanMadani #Yabima #Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Donasi #KataMutiara #AliBinAbiThalib