Kata-Kata Mutiara dan Nasehat Umar bin Khaththab

15 Juli 2022
gambar

Assalamu'alaikum wr wb.

Halo sobat Yabima, sahabat Rasulullah lainnya yang sudah dijamin masuk surga adalah Umar bin Khaththab. Walaupun pada mulanya beliau memusuhi Islam, namun qadarullah Allah melembutkan hatinya saat membaca QS.Thaha:1-16. Setelah itu beliau pergi menemui Rasulullah untuk taslim hingga menjadi salah satu khalifah Muslim paling kuat dan berpengaruh dalam sejarah. Beliau menggantikan Abu Bakr sebagai khalifah kedua pada tahun 634 M. Beliau adalah seorang ahli hukum Muslim yang saleh dan adil, yang membuatnya mendapatkan julukan Al-Faruq, orang yang membedakan benar dan salah.

Tidak sedikit pula kata-kata mutiara serta nasehat dari beliau. Yuk simak kata mutiara dan nasehat tersebut dengan menggeser gambar postingannya ke kanan, semoga dapat menjadi inspirasi dan pengingat serta nasehat bagi kita semua.

  • Kebajikan yang ringan adalah menunjukkan muka berseri-seri menunjukkan kata-kata lemah lembut.
  • Tidak ada artinya Islam tanpa jamaah dan tidak ada artinya jamaah tanpa pemimpin dan tidak ada artinya pemimpin tanpa ketaatan.
  • Aku tidak pedulikan atas keadaan susah atau senangku kerana aku tidak tahu manakah diantara keduanya yang lebih baik dariku.
  • Manusia yang berakal ialah manusia yang suka menerima dan meminta nasihat.
  • Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rizki yang lebih baik daripada sabar.
  • Bila engkau hendak memusuhi seseorang, maka musuhilah perutmu dahulu. Karena tidak ada musuh yang lebih berbahaya terhadapmu selain perut.
  • Bila engkau hendak memuji seseorang, pujilah Allah. Karena tiada seorang manusia pun lebih banyak dalam memberi kepadamu dan lebih santun lembut kepadamu selain Allah.
  • Bila engkau ingin menuntut sesuatu, maka tuntutlah akhirat. Karena engkau tidak akan memperolehnya kecuali dengan mencarinya.
  • Didiklah anak-anakmu itu berlainan dengan keadaan kamu sekarang karena mereka telah dijadikan Tuhan untuk zaman yang bukan zaman engkau.

#BumiInsanMadani #Yabima #Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Donasi #KataMutiara #UmarBinKhaththab