BLOG

gambar

Tunaikan Fidyah Lunasi Hutang Puasa Ramadhan

Fidyah berasal dari kata “fadaa” artinya mengganti atau menebus. Bagi beberapa orang yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu, diperbolehkan tidak berpuasa serta tidak harus menggantinya di lain waktu. Namun, sebagai gantinya diwajibkan untuk membayar fidyah. Disebabkan puasa Ramadhan hukumnya wajib, maka jika tidak menjalankan karena beberapa kondisi harus diganti dengan membayar fidyah. Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: أَيَّامًا مَّعْدُودٰتٍ  ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيضًا أَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ  ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ  ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُۥ  ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَّكُمْ  ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ "(yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS. Al-Baqarah 2: 184) Melansir dari laman merdeka.com, fidyah tetap boleh dibayarkan dengan uang menurut kalangan Hanafiah. Namun tetap dengan takaran yang berlaku dan sudah ditetapkan.
LANJUTKAN MEMBACA
gambar

WORKSHOP: Pelatihan Pelaporan SPT Tahunan Perorangan

07 Maret 2021
Assalamualaikum wr. wb. Bulan ini menjadi bulan yang penting nih bagi pelaporan pajak untuk yang bekerja dan yang usaha. Mengapa bulan ini penting? Karena maret akhir ini adalah deadline untuk melaporkan pajak perorangan kita nih. Yayasan Bumi Insan Madani melalui workshop “Pelatihan Pelaporan SPT Tahunan Perorangan” akan membantu para peserta dalam menyiapkan laporan tahunannya. Daripada bingung sendiri, yuk join eventnya. Berikut info workshop: Judul: Pelatihan Pelaporan SPT Tahunan Perorangan Hari/Tanggal: Sabtu dan Minggu, 13-14 Maret 2021 Pukul: Setiap jam 13.00 – selesai Tempat: via Zoom meeting Narasumber: Sandi Mochamad Gumilar @sandimgummy (Ahli Pajak)
LANJUTKAN MEMBACA
gambar

Trivia Arab: Sunnah

06 Maret 2021
Trivia Arab Sunnan/Sunnah memiliki akar kata س ن ن Tahukah anda bahwa didalam Al-Quran ternyata ada bentukan kata lain dari akar kata yang sama selain sunnah? Ya kata itu adalah GIGI, yang terdapat pada surat Al-Maidah ayat 45. Tentu tidak kebetulan sunnah dan gigi punya akar kata yang sama. Jika kita memahami makna sunnah adalah sebuah pola, pola gigi pun sama dari manusia satu ke yang lainnya. Namun ada gigi yang tumbuh baik sehat karena terawat, ada pula yang tumbuh kurang baik. Untuk memperbaiki gigi yang tumbuh kurang baik, perlu usaha extra dan mahal misalnya dengan memakai kawat gigi. Sama pula dengan menegakkan sunnah Nabi yang benar pada masyarakat yang buruk, perlu usaha yang luar biasa tentunya.
LANJUTKAN MEMBACA