Tunaikan Fidyah Lunasi Hutang Puasa Ramadhan

09 Maret 2021
gambar

Fidyah berasal dari kata “fadaa” artinya mengganti atau menebus. Bagi beberapa orang yang tidak mampu menjalankan ibadah puasa dengan kriteria tertentu, diperbolehkan tidak berpuasa serta tidak harus menggantinya di lain waktu. Namun, sebagai gantinya diwajibkan untuk membayar fidyah.


Disebabkan puasa Ramadhan hukumnya wajib, maka jika tidak menjalankan karena beberapa kondisi harus diganti dengan membayar fidyah.


Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

أَيَّامًا مَّعْدُودٰتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيضًا أَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُۥ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

"(yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."
(QS. Al-Baqarah 2: 184)


Melansir dari laman merdeka.com, fidyah tetap boleh dibayarkan dengan uang menurut kalangan Hanafiah. Namun tetap dengan takaran yang berlaku dan sudah ditetapkan.


Yuk bayar fidyah bersama kami!

Saudara/i bisa menyalurkan fidyahnya dengan scan QRIS atau transfer ke rekening BNI Syariah atas nama Yayasan Bumi Insan Madani di bawah ini:

----------------

Follow @bumiinsanmadani

Mewujudkan Umat Islam Indonesia Madani


https://linktr.ee/bumiinsanmadani

bumiinsanmadani.org

085314086240


#Fidyah #BumiInsanMadani #Yabima

#Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Zakat #Donasi