BLOG

gambar

KRI Nanggala-402 Subsunk

26 April 2021
Innā lillāhi wa innā ilaihi rāji’ūn.. Lebih dari 72 jam dalam pencarian, kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam (subsunk) setelah hilang kontak pada 21 April 2021 lalu. Kabar terbaru, KRI Nanggala-402 telah ditemukan pada kedalaman 838 meter di bawah permukaan laut dalam di perairan Bali bagian utara pada Minggu 25 April 2021 pukul 09.04 WITA. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa sebanyak 53 awak kapal telah gugur. Kami Yayasan Bumi Insan Madani turut berduka cita atas bencana yang menimpa. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan. كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَاِنَّمَا تُوَفَّوْنَ اُجُوْرَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَاُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا مَتَاعُ الْغُرُوْرِ “Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.” (QS. Ali Imran: 185)
LANJUTKAN MEMBACA
gambar

Apa Hukum Zakat Fitrah?

Zakat fitrah merupakan zakat wajib yang harus ditunaikan karena tidak lagi berpuasa dari bulan ramadhan. Hukum zakat fitrah adalah wajib bagi setiap muslim, baik besar maupun kecil, laki-laki maupun perempuan, orang merdeka maupu hamba sahaya. Hal ini berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fithri dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju shalat ‘ied.” Muttafaqun ‘alaih. (HR. Bukhari dan Muslim).
LANJUTKAN MEMBACA
gambar

Sudahkah Berbuat Baik Hari Ini?

“Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar zarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula” (QS. Az Zalzalah: 7-8). Allah tidak akan menyia-nyiakan amal perbuatan setiap hamba Nya. Jadi jangan ragu untuk melakukan kebaikan, sekalipun itu hanya perbuatan kecil seperti memberikan senyum kepada saudara, atau memperbanyak tilawah sekalipun hanya satu ayat, karena kebaikan itu akan Allah balas dengan kebaikan pula. Apalagi di bulan Ramadhan ini Allah "mengobral" pahala bagi hamba-Nya. Maka jadikan bulan Ramadhan ini sebagai momen untuk menjadi pribadi yang lebih (atau semakin) baik, dengan mendekatkan diri kepada Allah, menambah ketaatan dan membiasakan berbuat baik. Karena sekecil apapun kebaikan yang dilakukan, akan Allah beri balasan. Serta jadikan bulan Ramadhan ini sebagai sarana untuk membiasakan diri meninggalkan kemungkaran/keburukan. Karena sekecil apapun keburukan yang dilakukan, akan Allah balas pula.
LANJUTKAN MEMBACA