BLOG

gambar

3 Perjalanan Hidup Ummu Habibah, Wanita yang Dimuliakan Allah dan Rasul Allah

18 Januari 2023
Ummu Habibah merupakan shahabiyah pertama yang ikut berhijrah ke Habasyah. Nama aslinya adalah Romlah. Ayahnya adalah seorang tokoh dan cendekiawan Quraisy, yaitu Abu Sufyan bin Harb bin Umayyah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka'b bin Lu'ay bin Ghalib. Setelah bertahun-tahun ayah Ummu Habibah ini menjadi penentang dakwah Rasulullah SAW yang sangat keras. Perjalanan hidup Ummu Habibah dalam memegang teguh Islam sangat luar biasa. Banyak warna dan model ujian yang ia hadapi, namun pada akhirnya Allah memberikan buah manis atas keteguhannya. Bagaimana perjalanan hidupnya?
LANJUTKAN MEMBACA
gambar

Tiga Makna Penting dari Proses Muhasabah

14 Januari 2023
Muhasabah adalah meneliti perbuatan kita pada masa lalu dan masa kini, apakah ia merupakan perbuatan baik atau perbuatan buruk. Dengan muhasabah diri, perbuatan baik pada masa lalu bisa ditingkatkan pada masa depan, baik kualitasnya maupun kuantitasnya. Dengan muhasabah, perbuatan buruk pada masa lalu tidak perlu diulangi pada masa yang akan datang. Maka dengan muhasabah, hari esok kita akan lebih baik, di dunia juga di akhirat Insya Allah. Sahabat Umar Ibnul Khaththab ra. berkata: "Hendaklah kalian menghisab (mengintrospeksi) diri kalian sebelum kalian dihisab (oleh Allah SWT)." (HR.At-Tirmidzi & Ahmad)
LANJUTKAN MEMBACA
gambar

5 Konsep Pemimpin dalam Islam

09 Januari 2023
Konsep pemimpin serta wajib untuk mengikuti perintahnya ada di semua lini kehidupan. Baik itu pemerintahan, lembaga formal atau nonformal, kelas, atau bahwa unit terkecil masyarakat yaitu keluarga. Di Islam pun diatur masalah pemimpin ini. Seperti apa konsep pemimpin dalam Islam?
LANJUTKAN MEMBACA