Tahukah Anda Khamr itu Bukan Cuma Minuman Beralkohol Loh

25 September 2022
gambar

Khamr adalah salah satu barang yg diharamkan oleh Allah. Secara bahasa, al-khamru berarti tertutup, khamrahu berarti satarahu (menutupinya).

Secara istilah, khamr adalah sesuatu yg menutup (akal). Masyarakat sering menganggap khamr adalah alkohol. Namun perlu diperhatikan bahwa khamr bukan hanya alkohol seperti bir, brandy, scotch, wine, tequila, spirits, anggur ketan hitam (KTI), rhum, angciu, dan sebagainya. Khamr juga ada yang tidak mengandung alkohol, seperti narkotika, sabu, ganja, morphine, opium, mariyuana, ekstasi dan sebagainya karena efek pemakaiannya dapat menutupi akal.

Hukuman terkait khamr tidak hanya untuk yang mengkonsumsinya. Ada 10 pihak yang dilaknat berkenaan dengan khamr berdasarkan hadits berikut:
"Rasulullah Saw dalam masalah khamr melaknat 10 pihak: yang memerasnya, yang minta diperaskan, yang meminumnya, yang membawanya, yang minta dibawakan, yang minta diberi minum khamr, yang menjualnya, yang mengambil keuntungan dari penjualannya, yang membelinya dan yang dibelikan."
(HR.Tirmidzi)

Bagaimana dengan yang menjual obat penenang?
Ada beberapa jenis obat yang termasuk dalam napza atau narkoba dibutuhkan bagi orang sakit untuk mengobati luka atau untuk meredam rasa sakit. Ini adalah keadaan darurat. Dalam keadaan tsb dibolehkan mengingat kaedah : "Keadaan darurat membolehkan sesuatu yang terlarang."
Dari ulama Hanafiyah, Ibnu 'Abidin berkata, "Al banj (obat bius) dan semacamnya dari benda padat diharamkan jika dimaksudkan untuk mabuk-mabukkan dan itu ketika dikonsumsi banyak. Dan beda halnya jika dikonsumsi sedikit seperti untuk pengobatan".
Karena itu, menjual obat penenang atau semacamnya dibolehkan asalkan niatnya diluruskan dalam rangka medis, bukan untuk mabuk.

#khamr #arak #wine #narkoba #pilpenenang #donasi #yukdonasi #kelaparan #kemiskinan #bantuan #kesehatan #donasipeduli #donasisosial #donasikemanusiaan #donasimakanan #pendidikan #berbagirezeki #kemiskinanindonesia #donasikesehatan #donasipendidikan #donasifasilitasumum #donasibencanaalam #Yabima #bumiinsanmadani #sosial #sejahtera #shadaqah #infaq #zakat