Sunnah-Sunnah Bulan Syawal

25 Mei 2021
gambar

Beberapa sunnah-sunnah bulan Syawal yg dianjurkan utk dilakukan yaitu:


1. Berpuasa di Bulan Syawal
Rasulullah SAW bersabda,
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

2. Itikaf di Bulan Syawal
Itikaf biasanya dilaksanakan pada minggu terakhir bulan Ramadhan. Kebanyakan itikaf dilakukan pada malam hari, dan benar-benar tidak sambil dengan melakukan kegiatan lainnya kecuali makan dan ke kamar mandi. Namun apabila kira tidak sempat melakukan itikaf pada akhir bulan Ramadan, kita bisa menggantinya pada bulan Syawal.

Itikaf atau berdiam diri di masjid adalah salah satu amalan penting yang bisa dilakukan pada bulan Syawal. Itikaf di mesjid biasanya diisi dengan kegiatan-kegiatan seperti membaca al-quran, berdzikir, sholat wajib dan sunnah dan sebagainya. Itikaf sendiri merupakan upaya dari seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada tuhannya.

3. Melaksanakan Pernikahan di Bulan Syawal
Melaksanakan upacara pernikahan adalah salah satu keistimewaan bulan Syawal. Bagi yang sudah memiliki rencana dan persiapan untuk menikah dan masih bingung untuk menentukan tanggal dan waktunya, bulan Syawal adalah pilihan yang tepat dan bijak.

4. Tingkatkan Silaturahmi
Aktivitas silaturahmi sangat erat kaitannya dengan bulan Syawal. Karena bulan Syawal adalah bulan penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT. Maka sudah sepantasnya pula bagi hamba-hambanya untuk saling memaafkan antara satu dengan yang lainnya.

5. Menjaga Salat Malam & Ibadah Sunnah Lainnya
Ketika bulan Ramadan, umat muslim telah terbiasa melaksanakan ibadah wajib dan sunnah dengan tepat waktu dan hati yang ikhlas. Salah satunya adalah salat malam. Hal ini tentu sebaiknya tidak berhenti sampai akhir Ramadan saja. Justru dengan adanya bulan Ramadan, kita dibiasakan untuk mengamalkan ibadah-ibadah yang sebelumnya susah untuk kita laksanakan di bulan-bulan lain.

----------------
Follow @bumiinsanmadani
Mewujudkan Umat Islam Indonesia Madani

https://linktr.ee/bumiinsanmadani
bumiinsanmadani.org
085314086240

#Syawal #BumiInsanMadani #Yabima
#Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Zakat #Donasi