Standar Ganda, Adilkah? #2

18 Maret 2022
gambar

[Standar Ganda, Adilkah? #2]

Pada tulisan sebelumnya, secara fakta menunjukkan adanya perbedaan sikap dari pihak Barat kepada penyerang Ukraina (Rusia) dengan penyerang Palestina (Israel). Atas nama kemanusiaan, mereka memberikan sanksi pada Rusia, namun bisa tidak sama sekali pada Israel. Inilah yang disebut sebagai standar ganda.

Perbedaan sikap ini juga ditampilkan pada orang-orang yang tidak mengikuti standar ganda ini. Misalnya para anggota tim Liga English Premier memberikan dukungan solidaritas pada Ukraina dimana kita semua pun perlu menegakkan solidaritas kemanusiaan tersebut. Namun pada masa yang lalu Mesut Ozil dipaksa meninggalkan karir Arsenalnya dan meninggalkan Inggris karena menyebut Cina melakukan kebrutalan terhadap kaum minoritas Uighur.

Ada lagi atlet judo asal Algerian bernama Fethi Nourine yang menerima penangguhan 10 tahun karena menarik diri dari Olympics agar tidak berhadapan dengan Israel sebagai bentuk dukungan solidaritas terhadap Palestina. Sedangkan untuk Ukraina, ada negara Polandia yang menolak berhadapan dengan Rusia di kualifikasi World Cup, dan setelah itu FIFA melarang Rusia dari World Cup.

Di dalam Al-Quran, Allah berfirman bahwa membunuh atau menghilangkan nyawa manusia tanpa alasan yang cukup itu seakan-akan telah membunuh semua manusia. Sebegitu pentingnya nyawa manusia di dunia ini, karena itu sebagai manusia kita pun perlu memeliharanya.

"Oleh karena itu, Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barang siapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barang siapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi."
(QS.Al-Ma'idah[5]:32)

#BumiInsanMadani #Yabima #Foundation #Sosial #Sejahtera #Madani #UkrainaRusia #IsraelPalestina #StandarGanda #TegakkanKeadilan #Kemanusiaan #NATO #FIFA #UEFA