Siapkah Kita Menghadapi Kematian

16 November 2022
gambar

Kematian adalah fenomena hidup yang pasti ditemui oleh manusia. Kematian adalah rahasia ilahi. Tidak ada manusia yang mengetahuinya, baik tentang kapan, dimana, dan bagaimana terjadinya.

Secara naluri manusia, fenomena ini ditakuti. Takut akan rasa sakit yang mungkin dirasakan, takut tidak bertemu lagi dengan orang-orang yang disayangi, takut meninggalkan orang-orang tersayang, dan lain-lain.

Akan tetapi, sebenar-benarnya ketakutan akan kematian adalah tentang jika kita mati dalam keadaan sia-sia. Mati sia-sia adalah jika kita ternyata meninggalkan alam dunia dalam keadaan tidak beriman dalam Islam, bergelimang dosa, atau tidak membawa amel shaleh, na'udzubillah min dzalik. Bahkan digambarkan dalam QS.Al-Munafiqun[63]:10 mereka yg menyesal meminta kembali ke dunia
"Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), 'Ya Rabbku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.'"

https://www.instagram.com/p/ClBHnvIPRg4/?igshid=MDJmNzVkMjY=

Seorang penyanyi dan juga anggota DPR RI, Mulan Jameela, baru-baru ini membahas soal kematian sembari berurai air mata.
"Kok aku tuh selama ini kayak kurang bersyukur gitu. Kok mikirin dunia terus, kok aku gak mikirin bekal nanti di akhirat. Kematian itu hal yg pasti dan ga bisa ditolak," pungkasnya.

Sudahkah kita mengisi hidup dg mempersiapkan bekal utk akhirat kelak? Agar kematian yg kita hadapi tidak menjadi sia-sia dan awal dari penyesalan?

#Kematian #BekalAkhirat #yukdonasi #kelaparan #kemiskinan #bantuan #kesehatan #donasipeduli #donasisosial #donasikemanusiaan #donasimakanan #pendidikan #berbagirezeki #kemiskinanindonesia #donasikesehatan #donasipendidikan #donasifasilitasumum #donasibencanaalam #Yabima #bumiinsanmadani #sosial #sejahtera #shadaqah #infaq #zakat