Shalat

06 Agustus 2022
gambar

Orang yang beragama Islam pastilah mengenal shalat. Shalat merupakan rukun Islam kedua setelah syahadat.

Shalat memiliki urgensi yang penting dalam kehidupan muslim. Di dalam Al-Qur'an, pentingnya shalat terdapat dalam QS.Al-Ankabut[29]:45
"Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar..."

Hal tersebut sejalan dengan doa iftitah berikut:

Allahumma baa'id bainii wa baina khathaayaaya kamaa baa'adta bainal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii minal khathaayaa kamaa yunaqqatsawbul abyadlu minaddanasi. Allahummaghsil khathaayaaya bil maai watstsalji walbaradi.
"Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin."
(HR.Bukhari dan Muslim)

Dua shalat yang memiliki keutamaan yang besar adalah shalat Shubuh dan Isya
"Barangsiapa yang shalat isya berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya."
(HR.Muslim no.656)

Namun justru terasa berat bagi munafik
"Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat Shubuh dan shalat Isya. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak."
(HR.Bukhari no.657)

Anak-anak perlu diajarkan shalat sejak mereka kecil sebelum baligh. Dari Amr Bin Syu'aib dari ayahnya dari kakeknya berkata:
Rasulullah SAW bersabda: "Perintahkan anak-anakmu melaksanakan sholat sedang mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka karena tinggal sholat sedang mereka berusia 10 tahun dan pisahkan antara mereka di tempat tidurnya."

Semoga kita dapat selalu menjaga shalat kita, terhindar dari sifat munafik, serta dapat turut mengajar anak-anak kita untuk turut menjaga shalat, aamiin yra.

#BumiInsanMadani #Yabima #Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Zakat #Donasi #Shalat #RukunIslamKe2