Semua atas Izin Allah

29 Maret 2022
gambar

[Semua atas Izin Allah]

Pada 20 Maret 2022 yang lalu, Indonesia menjadi tempat diselenggarakannya MotoGP di Sirkuit Mandalika. Salah satu kejadian yang menjadi perhatian adalah adanya pawang hujan yang melakukan suatu ritual saat hujan deras turun.

Yang terjadi saat itu setelahnya adalah hujan berhenti. Ada yang menilai hujan berhenti karena ritual pawang hujan, dan ada pula yang menilai hujan berhenti karena memang waktunya berhenti.

Lalu sebagai seorang muslim perlu bersikap? Sebagai manusia yang telah bersaksi tidak ada Ilah selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, kita harus yakin bahwa segala fenomena yang terjadi di dunia ini adalah atas izin Allah sebagai wujud sikap tauhid. Kalaupun ada kejadian yang terjadi di lapangan sehingga menjadi fakta seperti hujan berhenti setelah pawang hujan beraksi, kita yakini bahwa Allah izinkan hujan berhenti saat itu yang kebetulan setelah sang pawang beraksi, tapi tidak ada hukum sebab akibat antara aksi pawang hujan dan hujan berhenti. Seorang utusan (rasul) Allah sekalipun bisa memberikan bukti (mukjizat) atas izin Allah (lihat QS.14:11)

Dari segala kejadian dalam hidup kita akan menjadi ujian dari Allah, saat itu pula menjadi sarana setan memberikan bisikan, lalu akan muncul sikap kita yang yang membuat kita makin dekat dengan-Nya atau menjadi jauh dari-Nya (lihat QS.18:7).

#BumiInsanMadani #Yabima #Foundation #Sosial #Sejahtera #Madani #Zakat #IzinAllah #UjianHidup