Riba dari Allah

25 Maret 2022
gambar

[Riba dari Allah]

Secara etimologi (bahasa), dalam bahasa Arab riba adalah kelebihan atau tambahan. Istilah Riba (al-ribawa -> ال ربو) adalah isim ma'rifat yang sudah dikenal sebagai sesuatu yang berkonotasi negatif. Dan dalam ayat Al-Quran Allah berfirman:

يَمْحَقُ اللَّهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ

"Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa." (QS.Al-Baqarah[2]:276)

Namun secara konsep, ada kelebihan/tambahan yang Allah ridhai yaitu kelebihan/tambahan yang diberikan dari Allah langsung. Kelebihan/tambahan tersebut diperoleh oleh orang-orang yang berinfaq (mengeluarkan zis).

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui."
(QS.Al-Baqarah[2]:261)

Dari ayat di atas, "RIBA" dari Allah dari 1 menjadi 700, sama dengan bunga 70.000%. Coba bandingkan dengan RIBA manusia yang hanya bisa menawarkan maximal 5-7% (deposito), kira-kira lebih baik investasi yang mana?

Yuk salurkan ZIS anda.

Bank BSI
3242 3242 35
an Yayasan Bumi Insan Madani

#BumiInsanMadani #Yabima #Foundation #Sosial #Sejahtera #Madani #Zakat #Infaq #Shadaqah #Donasi #Riba