Resume Webinar: Self Love dalam Perspektif Psikologi Islam

02 Maret 2021
gambar

Alhamdulillah Webinar Yabima yang berjudul “Self Love dalam Perspektif Psikologi Islam” telah terlaksana pada Minggu, 28 Februari 2021 lalu. Webinar ini menghadirkan narasumber yaitu Resti Hardiyanti.



Pada webinar ini membahas mengenai “selflove” dari kacamata psikologi Islam. Dalam Islam, Self Love ini bukan goals. Dalam surah Al-Baqarah: 165 dijelaskan bahwa,

“Diantara manusia ada mereka yang lebih menyembah Tuhan selain Allah (dijadikan sebagai tandingan/Ilah lain selain Allah), namun ada juga diantara manusia yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah”.

Jadi, jika tujuannya lebih mencintai diri sendiri/ hal lain selain Allah dibanding dengan mencintai Allah, itu merupakan satu hal yang harus diluruskan. Namun, bukan berarti kita tidak boleh mencintai diri sendiri, mencintai diri sendiri itu perlu, hanya saja tidak melebihi cinta kita sama Allah.

Mencintai diri bisa jadi ujub dan sombong, jika kita salah langkah melangkah dan tidak tahu pijakannya. Bahkan, bisa menjadi syirik kecil.

“Jadi, boleh gak sih Cinta Diri?”

Dari Anas ra bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Tiga perkara jika itu ada pada seseorang maka ia merasakan manisnya iman; orang yang menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih dia cintai daripada selain keduanya, mencintai seseorang yang Ia tak mencintainya kecuali karena Allah, dan benci untuk kembali kepada kekafiran setelah Allah menyelamatkannya dari kekafiran tersebut sebagaimana ia benci untuk masuk neraka”.
(HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Untuk lebih lengkapnya webinar ini dapat disaksikan ulang pada video di official youtube channel Yabima yang berjudul “Self Love dalam Perspektif Psikologi Islam”

----------------
Follow @bumiinsanmadani
Mewujudkan Umat Islam Indonesia Madani

https://linktr.ee/bumiinsanmadani
bumiinsanmadani.org
085314086240

#WebinarYabima #BumiInsanMadani #Yabima
#Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Donasi #selflove