Resume Webinar: Pemuda Berperan Jangan Baperan

27 April 2021
gambar

Alhamdulillah Webinar Yabima yang berjudul “Pemuda Berperan Jangan Baperan” telah terlaksana pada Minggu, 25 April 2021 lalu. Webinar ini menghadirkan narasumber yaitu Ustadz Evie Effendi.


Pada webinar ini membahas mengenai cara menjadi pemuda yang berperan.


Kunci pemuda yang berperan ialah bertauhid. Belajar dan mau menjadikan Allah sebagai satu-satunya yang diabdi dihidupnya.


Dan pada hakikatnya pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam peradaban bangsa. Bahkan bisa dikatakan pemuda itu sebagai tonggak peradaban. Bahkan banyak yang mengatakan bahwasanya bangsa yang besar dapat ditentukan dengan peran pemuda didalamnya. Jika pemudanya rusak maka rusak pula bangsanya.

“Jangan sampai menjadi generasi lemah apalagi meninggalkan generasi lemah!”


(QS. An Nisa: 9): Karena takutlah ketika meninggalkan generasi lemah. Ketika pemuda hari ini tidak berperan, lalu siapa lagi?


Pembentukan pemuda yang secara sistemik “dibodohkan”, seharusnya menjadi pecutan dengan kita giatkan kembali ibadah-ibadah yang mampu mengalahkan dan menghalangi hal itu. “Sholatlah”, karena sholat akan terbentuk dan membentuk karakter manusia.

“Kejahatan yang terorganisir akan mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir”
– Ali bin Abi Thalib r.a.

Lalu bagaimana cara mengajak pemuda supaya berperan?

1. Diajak jangan Diejek

2. Dirangkul jangan Dipukul

3. Diayomi jangan Dihakimi


Suri tauladan Rasulullah SAW sebagai pemuda yang berperan:

Ketika rasulullah akan dibunuh oleh Umar, Rasulullah tak membalas namun ia mendoakan dan memohon kepada Allah untuk memasukan petinggi Mekah saat itu (Umar) untuk bisa masuk ke dalam Islam.

Bisa diambil ibrah dari Rasulullah bahwa ketika berdakwah (berperan) tidak mudah. Namun tetap sampaikanlah dengan cara yang benar dan sabar.

Untuk lebih lengkapnya webinar ini dapat disaksikan ulang pada video di official youtube channel Yabima yang berjudul “Pemuda Berperan Jangan Baperan

----------------
Follow @bumiinsanmadani
Mewujudkan Umat Islam Indonesia Madani

https://linktr.ee/bumiinsanmadani
bumiinsanmadani.org
085314086240

#Ramadhan #BumiInsanMadani #Yabima
#Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Zakat #Donasi