Ramadhan Bulan Terbaik

18 April 2021
gambar

Kalau nama hari, kata 'Jumat' adalah hari terbaik di dalam Islam. Kalau nama bulan terbaik dalam Islam adalah Ramadhan.


Tak terasa, di tahun 2021 ini (1442 H), dengan izin Allah kita sudah memasuki bulan ke sembilan di tahun hijriah, apalagi kalau bukan bulan Ramadhan, bulan yang dinanti-nantikan umat Islam di seluruh dunia.


Ramadhan berasal dari kata, 'ramidha-yarmadhu-ramdhan' yang berarti panas/pembakaran. Apa maksudnya? Membakar apa?


Bulan Ramadhan adalah bulan pembakaran sifat-sifat jahiliah atau sifat-sifat buruk manusia yang mengikuti langkah-langkah setan.


Di dalam hadits, Rasulullah SAW. pernah bersabda bahwasannya di bulan Ramadhan pintu-pintu neraka ditutup, dan pintu-pintu surga dibuka.


Di bulan Ramadhan, Allah ingin membakar karakter-karakter setan yang masih ada dalam diri kita. Kita semua tahu, bahwa setan adalah penghuni neraka dikarenakan karakter-karakter setan sangat buruk (tidak sesuai Al-Qur'an) dan dibenci Allah.


Oleh sebab itu, bakarlah karakter-karakter setan tersebut yang masih ada dalam diri kita di bulan Ramadhan ini, sebelum karakter tersebut Allah bakar di neraka-Nya nanti. Na'udzubillah.


Pintu neraka ditutup, pintu surga pun dibuka. Keistimewaannya lagi, bulan Ramadhan adalah bulan dilipatgandakannya pahala. Masya Allah. Ini adalah kesempatan emas, agar timbangan amal kebaikan kita semakin berat, sedang timbangan amal buruk semakin ringan.


Oleh sebab itu, perbanyaklah amal ibadah dan amal-amalan shalih sesuaiyang diperintahkan Allah dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW. di bulan mulia ini, dimana amalan-amalan tersebut adalah amalan penghuni surga.


Dengan dibukanya pintu surga tersebut dan dilipatgandakannya pahala, siapakah yang tidak mau berlomba untuk memasukinya? Adakah yang masih mager? Maka dari itu, mari berfastabiqul khairat di bulan Ramadhan ini.

----------------
Follow @bumiinsanmadani
Mewujudkan Umat Islam Indonesia Madani

https://linktr.ee/bumiinsanmadani
bumiinsanmadani.org
085314086240

#Ramadhan #BumiInsanMadani #Yabima
#Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Zakat #Donasi