Qadha Puasa Ramadhan

26 Januari 2021
gambar

Waktu berjalan sangat cepat ya temen-temen!

Gimana nih udah dilakuin belum amalan memaafkan yang kemaren??? Kalo udah yuks kita jalankan persiapan selanjutnya untuk menyambut Ramadhan.


Ternyata sebelum memasuki awal puasa Ramadhan, kita diwajibkan untuk membayar hutang loh. Hutang apa?

Yaps hutang puasa di Ramadhan sebelumnya dengan cara mengganti puasa tersebut (qadha). Puasa yang kita tinggalkan pada bulan Ramadhan wajib diganti, kecuali bagi orang lanjut usia yang bisa menggantinya dengan membayar fidyah.


Allah SWT berfirman:

"(yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."
(QS. Al-Baqarah: 184)


Lalu bagaimana cara meng-qadha puasa di bulan Ramadhan?

Mengganti puasa dibulan Ramadhan dilakukan sebanyak jumlah hari puasa yang kita tinggalkan. Misalnya kita tidak berpuasa sebanyak 5 hari maka wajib mengganti 5 hari pula. Jika seseorang lupa akan jumlah puasa yang ditinggalkan, maka lebih baik meggunakan jumlah hari maksimum agar tidak akan kekurangan dalam meng-qhadanya.


Meng-qhada puasa ini sama seperti puasa lainnya. Di malam hari kita diwajibkan untuk berniat terlebih dahulu. Adapun niat untuk qadha puasa Ramadhan bisa diucapkan sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhaa’i fardhi syahri Ramadhaana lillaahi ta‘aalaa.
“Aku berniat untuk mengqadha puasa bulan Ramadan esok hari karena Allah Ta'ala.”


Ingat yaa, puasa yang tak terlaksana di bulan Ramadhan hukumnya adalah wajib diganti. Yuk kita bayar hutang puasa supaya ibadah bulan Ramadhan dapat terlaksana secara sempurna.


----------------

Follow @bumiinsanmadani

Mewujudkan Umat Islam Indonesia Madani


https://linktr.ee/bumiinsanmadani

bumiinsanmadani.org

085314086240


#Ramadhan #BumiInsanMadani #Yabima

#Foundation #Yayasan #Sosial

#Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Donasi