Peristiwa Bersejarah di Bulan Syawal

13 Mei 2022
gambar

Syawal berasal dari kata syala yang berarti naik atau meninggi. Pada bulan Syawal ini, kedudukan dan derajat kaum Muslimin meninggi di sisi Allah Swt., karena telah melewati bulan ujian dan ibadah selama Ramadhan. Syawal juga merupakan bulan pembuktian nilai-nilai taqwa, artinya ajang untuk membuktikan umat Islam mampu mempertahankan dan meningkatkan keimanannya, tidak hanya sewaktu Ramadhan saja.

Terdapat beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi di bulan Syawal. Peristiwa ini memiliki pengaruh penting dalam peradaban Islam serta kehidupan Rasulullah SAW.

Pertama adalah Perang Uhud yang pecah pada 15 Syawal tahun 3 H. Pada perang ini, 700 pasukan Muslim berhadapan dengan 3.000 pasukan musyrik. Awalnya Islam sempat mendominasi jalannya pertempuran, namun keadaan berbalik karena pasukan pemanah di bukit lengah akibat harta benda pasukan musyrik.

Kedua adalah Perang Khandaq yang berlangsung di bulan Syawal tahun 5 H. Pada perang ini, digunakan strategi dari seorang Persia-Muslim yaitu Salman al Farisi untuk membuat parit yang dalam dan lebar guna menghalau musuh. Hasilnya adalah pasukan musyrik mengalami kekalahan karena diterjang angin puyuh setelah menunggu lama di luar parit.

Ketiga adalah Perang Hunain yang terjadi di bulan Syawal tahun 8 H. Kaum Muslimin berhadapan dengan suku Hawazin dan Tsaqif setelah peristiwa Fathul Mekkah. Kaum Muslim menang pada perang ini.

Peristiwa lainnya ada pernikahan Nabi Muhammad saw. dengan Ummu Salamah tahun 2 H pasca Perang Badar. Sebelumnya, Rasulullah saw menikahi Aisyah ra. pada bulan yang sama tahun 10 kenabian.

Kejadian lainnya yang patut dicatat adalah kelahiran Imam Bukhari pada Syawal 194 H. Sepanjang hidupnya, beliau sangat berjasa dalam mengumpulkan hadits Nabi Muhammad saw.

Syawal memang istimewa. Mari kita jangan melewatkannya begitu saja. Tetap lakukan amalan sunnah, tetap bertadarus, dan yang paling utama menambah puasa dengan 6 hari Puasa Syawal.

#BumiInsanMadani #Yabima #Foundation #Madani #Zakat #Infaq #Shadaqah #Syawal #KeutamaanSyawal #PuasaSyawal