Menutup Aib Orang Lain

12 Juni 2021
gambar

Seperti kita ketahui sekarang aktivitas di media sosial sedang digegerkan dengan suatu hal yang kurang baik. Salah satunya adalah mengumbar aib diri atau bahkan aib orang lain.

Padahal menutupi aib orang lain menjadi salah satu hal yang diatur dalam Islam, bahkan didalamnya terdapat tuntunan untuk kita menutupi aib supaya tidak dijadikan konsumsi publik.

Imam Malik dalam kitab Al-I’lan bit-Taubikh As-Sakhawy menjelaskan, sangat disayangkan apabila seseorang yang aibnya tak ditampakkan ke publik, justru mulai menggunjing aib orang lain. Akhirnya tak sedikit dari gunjingan tersebut membuat Allah menampakkan aibnya sendiri.

Sebaliknya, kata beliau, orang-orang yang dulunya memiliki aib, namun menjaga lisan dan sikapnya akan menggunjing tentang aib orang lain, seiring berjalannya waktu, aib dirinya justru dilupakan orang-orang. Hal itu menjadi bukti Allah memang menolongnya. Hal ini telah Allah janjikan dalam hadist riwayat Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

‎وَمَنْ سَتَرَ عَلَى مُسْلِمٍ فِي الدُّنْيَا سَتَرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Yang artinya: "Dan barangsiapa yang menutupi (aib) seorang Muslim sewaktu di dunia, maka Allah akan menutup (aibnya) di dunia dan akhirat".

Ada 4 janji lain yang akan kita dapatkan:


1. Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat
Dalam salah satu hadistnya, Rasulullah mengatakan,“Barang Siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aib orang tersebut di dunia dan akhirat.” (HR. Ibnu Majah).

2. Dijanjikan masuk surga
Ath-Thabrani meriwayatkan dalam al-Ausath dan ash-Shaghir dengan sanadnya dari Abu Sa'id al-Khudri RA ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang Muslim melihat aurat (cacat) saudaranya lalu menutupinya kecuali pasti akan masuk surga."

3. Disamakan dengan membangunkan bayi yang dikubur hidup-hidup
Hal tersebut disampaikan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud sebagai berikut:
"Siapa melihat aurat (aib orang lain) lalu menutupinya maka seakan-akan ia menghidupkan bayi yang dikubur hidup-hidup." (HR Abu Daud).

4. Allah SWT akan menutupi aibnya di akhirat
Melalui hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Allah SWT berjanji akan menutupi aibnya di akhirat, sebagai berikut: “Tidaklah seseorang menutupi aib orang lain di dunia, melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat kelak.” (HR. Muslim)

----------------
Follow @bumiinsanmadani
Mewujudkan Umat Islam Indonesia Madani

https://linktr.ee/bumiinsanmadani
bumiinsanmadani.org
085314086240

#ArtikelYabima #BumiInsanMadani #Yabima
#Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Zakat #Donasi