Menjaga Lisan

16 Agustus 2022
gambar

Assalamu'alaikum wr wb.
Halo sobat Yabima, pasti sudah sering mendengar pepatah 'mulutmu harimaumu' kan? Pepatah ini digunakan sebagai pesan agar tiap orang menjaga lisannya karena kata-kata yang keluar darinya bisa lebih menyakitkan daripada tindakan. Karena itu, perlulah kita mengendalikan apa yang keluar dari lisan.

Suatu hari seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW seraya berkata, "Ya Rasulullah! Sungguh si fulanah itu terkenal banyak shalat, puasa, dan sedekahnya. Akan tetapi juga terkenal jahat lidahnya terhadap tetangga-tetangganya." Maka berkatalah Rasulullah SAW kepadanya, "Sungguh ia termasuk ahli neraka."
Kemudian laki-laki itu berkata lagi, "Kalau si fulanah yang satu lagi terkenal sedikit shalat, puasa dan sedekahnya, akan tetapi ia tidak pernah menyakiti tetangganya." Maka Rasulullah SAW berkata, "Sungguh ia termasuk ahli surga."
(HR.Muslim)

Rasulullah SAW memperingatkan, bahwa bahaya lidah adalah salah satu perkara yang paling beliau khawatirkan berdasarkan hadits berikut
"Wahai Rasulullah, katakan kepadaku dengan satu perkara yang aku akan berpegang dengannya!" Beliau menjawab: "Katakanlah, 'Rabbku adalah Allah', lalu istiqomahlah". Aku berkata: "Wahai Rasulullah, apakah yang paling anda khawatirkan atasku?". Beliau memegang lidah beliau sendiri, lalu bersabda: "Ini."
(HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Gara-gara lidah, seseorang tergiring masuk neraka, menjadi hamba yang merugi, menjadi hamba yang bangkrut (muflis)
Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang bangkrut di kalangan umatku adalah orang yang pada hari kiamat nanti datang membawa pahala shalat, zakat dan puasa, namun di samping itu ia membawa dosa mencela, memaki, menuduh zina, memakan harta dengan cara yang tidak benar, menumpahkan darah, dan memukul orang lain."
(HR.Muslim)

Oleh karena itu, yang perlu kita lakukan adalah ada pada hadits berikut
Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya ia berkata yang baik atau diam."
(HR.Bukhari Muslim)

#BumiInsanMadani #Yabima #Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Zakat #Donasi #MenjagaLisan