Memperingati Nuzulul Quran 1444 H

08 April 2023
gambar

[Nuzulul Qur’an]

Apa itu Nuzulul Quran?

Nuzulul Quran adalah waktu di mana Al-Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Hari itu bertepatan pada malam 17 Ramadhan. Ayat pertama Al-Quran yang diturunkan adalah surat Al-Alaq ayat 1-5 melalui malaikat Jibril. Dan turunnya Al-Quran ini menjadi wahyu pertama yang diterima oleh Rasulullah SAW.

Surah Al-Alaq ayat 1-5 : "Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Maha mulia. Yang mengajar (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya."

Dalam wahyu pertama tersebut, Allah memerintahkan kita semua untuk membaca. Apakah yang dibaca? Yaitu segala hal, termasuk kondisi dari lingkungan hidup kita dan juga diri kita apakah sudah sesuai dengan apa yang Allah perintahkan. Dan membacanya harus dengan nama Rabb, nama Allah, yang berarti harus sesuai dengan standar yang Allah tetapkan.

Mari kita bermuhasabah lagi, apakah segala yang kita miliki baik harta maupun jiwa, bahkan kondisi sekitar kita sudah sesuai dengan apa yang Allah perintahkan? Semoga kita semua terus memperjuangkan hidup kita sesuai perintah-Nya, dengan begitu Allah meridhai segala amal yang kita lakukan.

Jangan lupa bagi yang belum Zakat Fitrah dapat menitipkannya ke Yayasan Bumi Insan Madani untuk kami berikan kepada yang berhak dan membutuhkan.

#NuzululQuran #Ramadhan #1444H #yukdonasi #kelaparan #kemiskinan #bantuan #kesehatan #donasipeduli #donasisosial #donasikemanusiaan #donasimakanan #pendidikan #berbagirezeki #kemiskinanindonesia #donasikesehatan #donasipendidikan #donasifasilitasumum #donasibencanaalam #Yabima #bumiinsanmadani #sosial #sejahtera #shadaqah #infaq #zakat