Memperingati Hari Pahlawan 10-11-22

10 November 2022
gambar

Hari ini di Indonesia tanggal 10 November 2022 bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. Menurut KBBI, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani.

Asal muasal peringatan ini adalah adanya pertempuran hebat antara rakyat Indonesia di Surabaya dengan Sekutu yang saat itu ingin menguasai Surabaya. Pertempuran hebat berlangsung selama lebih dari dua pekan dan baru berakhir pada 28 November 1945. Setidaknya ada 20.000 orang dari pihak Indonesia gugur dan 1.500 dari pihak Sekutu. Selain itu, diperkirakan 150.000 orang terpaksa meninggalkan Kota Surabaya.

Mengingat semangat perjuangan para pahlawan Indonesia saat itu, Presiden Soekarno menetapkan 10 November sebagai Hari Pahlawan. Hari Pahlawan ditetapkan melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Di dalam perjuangan Islam pun tidak sedikit yang berjuang dan berkorban demi membela yang kebenaran dari Allah. Karena itu, semangat juang juga harus ditanamkan dalam pribadi setiap muslim.

Sang saka merah putih berkibar bebas,
Karena pahlawan-pahlawan yang ikhlas.
Memperjuangkan Indonesia agar terlepas,
Dari penjajah yang sadis dan pemeras.

#HariPahlawan #2022 #yukdonasi #kelaparan #kemiskinan #bantuan #kesehatan #donasipeduli #donasisosial #donasikemanusiaan #donasimakanan #pendidikan #berbagirezeki #kemiskinanindonesia #donasikesehatan #donasipendidikan #donasifasilitasumum #donasibencanaalam #Yabima #bumiinsanmadani #sosial #sejahtera #shadaqah #infaq #zakat