Khamr : Induk dari Segala Dosa

12 November 2022
gambar

Minuman keras atau minuman yg memabukkan atau khamr termasuk salah satu hal yg dilarang dalam Islam. Nabi Muhammad SAW menyatakan khamr (miras) adalah ummul khaba'its (induk dari segala kejahatan) sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abbas,
"Khamr adalah induk dari kekejian dan dosa yg paling besar, barang siapa meminumnya, ia bisa berzina dengan ibunya, saudari ibunya, dan saudari ayahnya."
(HR ath-Thabrani)

Dengan redaksi yg sedikit berbeda, Abdullah bin Amr meriwayatkan, bahwa Nabi SAW bersabda,
"Khamr adalah induk dari segala kejahatan, barang siapa meminumnya, maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari, apabila ia mati sementara ada khamr di dalam perutnya, maka ia mati sebagaimana matinya orang Jahiliyyah."
(HR.ath-Thabrani)

Bahaya miras sebagai bentuk nyata miras sebagai induk kejahatan juga telah diingatkan oleh salah seorang sahabat Rasulullah SAW - Utsman bin Affan - saat beliau menyampaikan khutbah. Bagaimana cerita lengkapnya?

#Khamr #Miras #IndukKejahatan #yukdonasi #kelaparan #kemiskinan #bantuan #kesehatan #donasipeduli #donasisosial #donasikemanusiaan #donasimakanan #pendidikan #berbagirezeki #kemiskinanindonesia #donasikesehatan #donasipendidikan #donasifasilitasumum #donasibencanaalam #Yabima #bumiinsanmadani #sosial #sejahtera #shadaqah #infaq #zakat