Kata-Kata Mutiara dan Nasehat Utsman bin Affan

19 Agustus 2022
gambar

Assalamu'alaikum wr wb.

Halo sobat Yabima, sahabat yang menjadi khalifah setelah Umar bin Khaththab meninggal adalah Utsman bin Affan. Beliau adalah sahabat Rasulullah yang terkenal akan kedermawanannya. Kala itu, Madinah sedang dilanda musim paceklik sehingga sumber-sumber air menjadi kering. Namun ada sebuah sumur milik seorang Yahudi yang tetap mengalirkan air, bahkan airnya segar dan bening tak seperti umumnya air di Madinah yang asin.

Orang Yahudi tersebut tidak menyia-nyiakan kesempatan, ia jual air tersebut kepada orang Madinah dengan harga yang sangat mahal. Melihat itu semua Rasulullah SAW merasa kasihan sehingga terpikir oleh beliau andai saja sumur itu menjadi milik kaum Muslimin tentu bisa mengurangi beban hidup kaum Muslimin karena tidak perlu membeli.

Rasulullah berkata kepada para sahabat siapa saja yang bersedia menyumbangkan hartanya untuk membeli sumur tersebut maka gantinya adalah surga. Kesempatan itu langsung diambil oleh Utsman. Sumur tersebut awalnya hanya bisa dibeli Utsman separuhnya karena sang pemilik masih ingin berpenghasilan dari sumur tersebut. Sumur tersebut dipakai bergantian, saat menjadi milik Utsman orang mengambil sebanyak-banyaknya hingga tetap cukup saat sumur sedang menjadi giliran orang Yahudi. Akibatnya sumur menjadi sepi saat gilirannya, akhirnya orang Yahudi menjual keseluruhan sumur tersebut. Ia mengizinkan penduduk Madinah mengambil air dari sumur secara gratis, termasuk pemilik Yahudi sebelumnya. Masyaa Allah.

Terdapat pula kata-kata mutiara dan nasehat dari beliau. Yuk simak kata mutiara dan nasehat tersebut dengan menggeser gambar postingannya ke kanan, semoga dapat menjadi inspirasi dan pengingat serta nasehat bagi kita semua.

  • Siapa yang meninggalkan dunia, niscaya Allah mencintainya. Siapa yang meninggalkan dosa-dosa, niscaya para malaikat mencintainya. Dan siapa yang memutus keinginan dari apa yang dimiliki Muslim lainnya, niscaya kaum Muslim mencintainya.
  • Janganlah kalian lalai terhadap Allah karena Allah tidak pernah lalai terhadap kalian.
  • Segala sesuatu akan binasa. Dan binasanya ilmu adalah lupa pada ilmu itu.
  • Derajat keimanan yang paling tinggi adalah bahwa kamu selalu merasa berada di hadapan Allah.
  • Shalat itu amal terbaik bagi manusia. Jika ia melaksanakannya dengan baik, maka ikutilah mereka. Andaikata ia melaksanakannya dengan buruk, maka jauhilah keburukan itu.
  • Buatlah tujuan untuk hidup, kemudian gunakan segenap kekuatan untuk mencapainya, kamu pasti berhasil.
  • Wahai hamba-hamba Allah, berhati-hatilah kalian. Bantulah pemimpin kalian, nasihatilah mereka dan janganlah kalian menganiaya mereka.
  • Tidak seorang pun yang menyembunyikan suatu rahasia di dalam hatinya, kecuali Allah akan menampakkan pada raut wajahnya atau melalui perkataan yang terlontar dari lidahnya.
  • (Hendaknya kita) menjaga batasan-batasan, menepati janji, rela dengan yang ada, dan bersabar atas yang hilang dari kita.

#BumiInsanMadani #Yabima #Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Donasi #KataMutiara #UtsmanBinAffan