Kambing & Kemakmuran Semu

25 Desember 2022
gambar

Di awal Orde Baru tahun 1966, konon Indonesia berada di puncak keterpurukannya dengan pendapatan per kapita hanya US$ 200. Selama 32 tahun kemudian dengan tingkat pertumbuhan rata-rata di sekitar 5% pendapatan per kapita itu tahun 1997 menjadi US$ 900. Hingga lima belas tahun kemudian - tahun 2012, pendapatan per kapita berada di kisaran US$ 3,250.

Benarkah kita telah mengalami peningkatan kemakmuran yang luar biasa? Mari kita telaah lebih lanjut

Pengukuran pertumbuhan kemakmuran dari peningkatan GDP per kapita dalam Dollar :
kemakmuran Indonesia meningkat 16x lipat selama 46 tahun atau berlipat 2x setiap 11.5 tahun


Mari kita coba konversikan per kapita Indonesia ke dalam daya beli kambing atau dinar
- Tahun 1966 : pendapatan per kapita di angka US$ 200 -> setara dengan 42 ekor kambing saat itu
- Tahun 1997 : pendapatan per kapita di angka US$ 900 -> setara dengan 20 ekor kambing saat itu
- Tahun 2012 : pendapatan per kapita di angka US$ 3250 -> setara dengan 14 ekor kambing saat itu
Notes : Kenapa kambing? Karena sepanjang zaman harga satu ekor kambing yang baik setara dengan satu dinar



Bukan kebetulan kalau umat ini diingatkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits shahihnya untuk mewaspadai si mata satu ini sbb:
"Maukah aku beritahukan kepada kalian suatu hal mengenai dajjal? Suatu yang belum pernah dikabarkan oleh seorang nabipun kepada kaumnya : 'Sesungguhnya dajjal itu buta sebelah matanya, ia datang dengan sesuatu seperti surga dan neraka.' Yang dikatakannya surga berarti itu adalah neraka.' Dan sungguh aku memperingatkannya atas kalian sebagaimana Nabi Nuh mengingatkannya atas kaumnya."
(HR.Muslim)


Yang disampaikan oleh dunia bahwa kemakmuran itu telah menghampiri kita, karena daya beli kita sudah US$ 8.9 per hari – jauh dari standar kemiskinan dunia yang US$ 2/hari.

Hal tersebut seperti kabar surga, tetapi sesungguhnya neraka sebagaimana diungkap dalam hadits. Tapi sesungguhnya neraka karena daya beli riil kita terhadap kambing saja ternyata turun tinggal 1/3-nya (dari 42 ke 14) dari 1966 hingga 2012


Mari coba kita pikirkan:
Bila daya beli terhadap kambing rata-rata penduduk ini turun tinggal 1/3-nya dalam 46 tahun terakhir, tidak takutkah kita dengan apa yang terjadi dalam setengah abad ke depan ketika daya beli umat ini tinggal sekitar 4.5 ekor kambing meskipun dalam Dollar kita akan nampak sangat makmur di atas US$ 50,000,- per kapita?


Mari buka mata, hati, dan telinga

"Maka tidak pernahkah mereka berjalan di bumi, sehingga hati (akal) mereka dapat memahami, telinga mereka dapat mendengar? Sebenarnya bukan mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang di dalam dada."
(QS.Al-Hajj[22]:46)

Sumber : https://agriquran.com/blog/kambing-kemakmuran-semu @agriquran

#Resesi #Uang #Kambing #KemakmuranSemu #yukdonasi #kelaparan #kemiskinan #bantuan #kesehatan #donasipeduli #donasisosial #donasikemanusiaan #donasimakanan #pendidikan #berbagirezeki #kemiskinanindonesia #donasikesehatan #donasipendidikan #donasifasilitasumum #donasibencanaalam #Yabima #bumiinsanmadani #sosial #sejahtera #shadaqah #infaq #zakat