Jangan Berlebihan Dalam Mencinta

15 Juni 2021
gambar

Fenomena sebuah produk makanan yg sedang viral belakangan ini membuat kita bertanya2, “Ada apa dibalik semua ini sampai rela berbuat demikan?”. Hingga muncullah kesimpulan bahwa terdapat suatu kumpulan orang2 yg mendedikasikan cintanya terhadap suatu makhluk secara berlebihan.

Dalam kacamata Islam, melakukan sesuatu tidak boleh secara berlebihan termasuk mencintai makhluk atau hal2 duniawi.


Rasulullah saw bersabda: “Cintailah kekasihmu (secara) sedang-sedang saja, siapa tahu disuatu hari nanti dia akan menjadi musuhmu; dan bencilah orang yang engkau benci (secara) biasa-biasa saja, siapa tahu pada suatu hari nanti dia akan menjadi kecintaanmu.” (HR. Imam Turmudzi).


Hadist ini melarang kita untuk mengungkapkan rasa cinta jangan terlalu berlebihan. Yang sedang2 saja, sob! Jangan sampai mencintai sesuatu melebihi rasa cinta kita kepada Allah hingga tidak sadar menduakan-Nya.

Demikian pula bisa jadi apa yang kita cintai secara berlebihan belum tentu baik menurut Allah swt, begitupun sebaliknya.


Sebagaimana firman Allah swt:

وَعَسٰۤى اَنۡ تَكۡرَهُوۡا شَيۡـــًٔا وَّهُوَ خَيۡرٌ لَّـکُمۡ‌ۚ وَعَسٰۤى اَنۡ تُحِبُّوۡا شَيۡـــًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّـكُمۡؕ وَاللّٰهُ يَعۡلَمُ وَاَنۡـتُمۡ لَا تَعۡلَمُوۡنَ

“…..tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216)

----------------
Follow @bumiinsanmadani
Mewujudkan Umat Islam Indonesia Madani

https://linktr.ee/bumiinsanmadani
bumiinsanmadani.org
085314086240

#ArtikelYabima #BumiInsanMadani #Yabima
#Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Zakat #Donasi