Hari Kebangkitan Nasional

20 Mei 2022
gambar

Bangsa Indonesia merayakan Harkitnas atau Hari Kebangkitan Nasional setiap tanggal 20 Mei. Harkitnas ini diperingati karena pada tanggal 20 Mei 1908 lahir sebuah organisasi modern pertama di Tanah Air yang menanamkan rasa nasionalisme, yaitu Boedi Oetomo. Organisasi ini merupakan organisasi yang memperjuangkan perlawanan terhadap penjajah Belanda saat itu dan menjadi pelopor kebangkitan nasional.

Dalam al-Quran, bangkit merupakan terjemahan dari kata ba'ats dengan akar kata ba-'ain-tsa. Konsep ba'ats ini berkaitan dengan hari kebangkitan dari alam kubur yang akan terjadi saat hari Kiamat nanti, sebagaimana ayat berikut:

"Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur."
(QS.Al-Hajj[22]:7)

Kebangkitan adalah proses dari mati menjadi hidup kembali.

"Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari kelahiranku, pada hari wafatku dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali."
(QS.Maryam[19]:33)

Kiamat sendiri berasal dari kata qama yang artinya tegak. Hari kiamat adalah saat dimana manusia akan memperoleh balasan sesuai dengan apa yang ia kerjakan di dunia. Pada hari ini, hukum Allah akan berlaku seluruhnya dan sepenuhnya. Amal yang Allah ridhai akan dibalas dengan surga, sedangkan amal yang Allah murkai dibalas dengan neraka.

Disini bisa diambil pelajaran, bahwa bangkit adalah suatu proses dimana orang mati menjadi hidup kembali, menuju saat-saat dimana ia hidup di hari akhir dengan hukum Allah tegak seluruhnya. Semoga kita dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan amal yang Allah ridhai sehingga saat hari kebangkitan nanti kita bisa memperoleh surgaNya, aamiin yra.

#BumiInsanMadani #Yabima #Foundation #Madani #Zakat #Infaq #Shadaqah #Harkitnas #HariKebangkitan #Bangkit