Hal-Hal yang Dapat Membatalkan Pahala Puasa

27 April 2021
gambar

Puasa memang memilki makna menahan diri dari hal-hal yang membatalkannya sejak matahari terbit smapai matahari terbenam. Namun demikian ternyata bukan hanya itu saja yang harus dilakukan setiap ummat muslim. Melainkan umat muslim perlu berhati-hati karena beberapa perilaku atau kebiasaan kita dapat membatalkan pahala puasa. Dengan demikian, jika pahala nya tidak dapat maka kita hanya mendapatkan lapar dan haus saja. Sia-sia bukan?

Berikut hal-hal yang dapat membatalkan pahala puasa diantaranya adalah:
1. Berbohong atau berdusta
Nah, hal ini biasanya banyak terjadi ketika kita sedang bercerita atau mengobrol dengan kawan-kawan. Karena obrolan mengalir kita sering tanpa sadar menyampaikan informasi yang salah atau belum lengkap kita pelajari sehingga apa yang kita sampaikan itu dusta. Huuuh..

2. Bergunjing atau berghibah
Istilah umumnya mungkin cerita-cerita, kebiasaan seperti ini sungguh sangat merugikan aktivitas puasa kita. Ketika bergunjing banyak sekali hal yang tidak bermanfaat bisa tersampaikan dalam obrolan yang “mengalir” itu seperti pemicu tersampaikannya fitnah, dusta, ucapan-ucapan yang dapat menyakiti hati saudari kita, dan masih banyak lagi. Entah bergunjing secara online ataupun offline yaa..

3. Tidak menahan amarah
Walau sedang lapar tidak seharusnya kita berubah menjadi pribadi yang mudah marah, tersinggung atas hal hal kecil sehingga amarah yang tidak kita tahan dapat mengurangi pahala puasa kita.

4. Tidur berlebihan
Tidur berlebihan dapat mengurangi pahala puasa, karena tidak jarang kondisi seperti ini membuat kita kebablasan untuk tidak melaksanakan shalat fardhu, dan ibadah ibadah utama lain di bulan Ramadhan.

5. Memandang dengan syahwat
Ini yang barangkali sedang marak terjadi pada generasi saat ini, tidak perlu jalan-jalan keluar untuk mencari mangsa karena media sosial juga sudah menyediakannya. Baiknya, kita isi waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat apalagi di bulan Ramadhan ini yang sudah diketahui bahwa bulan ini penuh rahmat dan ampunan.

----------------
Follow @bumiinsanmadani
Mewujudkan Umat Islam Indonesia Madani

https://linktr.ee/bumiinsanmadani
bumiinsanmadani.org
085314086240

#Ramadhan #BumiInsanMadani #Yabima
#Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Zakat #Donasi