H-?

19 Februari 2022
gambar

[H-?]

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.
(QS.Ali Imran[3]:185)

Kematian adalah fenomena kehidupan yang pasti dijumpai setiap manusia. Namun waktunya kapan? Tidak ada yang mengetahuinya kecuali Sang Pemilik Jiwa, yaitu Allah SWT. Karena itu tidak ada yang mengetahui bahwa hari ini merupakan hari ke-berapa sebelum kematian tersebut kita jumpai, atau bisa kita tulis sebagai 'H-?'.

Di mana pun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kukuh. Jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan, "Ini dari sisi Allah," dan jika mereka ditimpa suatu keburukan mereka mengatakan, "Ini dari engkau (Muhammad)." Katakanlah, "Semuanya (datang) dari sisi Allah." Maka mengapa orang-orang itu (orang-orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan (sedikit pun)?
(QS.An-Nisa'[4]:78)

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.
(QS.Al-Anbiya[21]:35)

Jika sudah menemui waktu yang Allah tentukan, apapun dan bagaimanapun kondisi kita tidak akan menghalangi kematian tersebut. Karena itu, yang sepatutnya kita lakukan adalah mempersiapkannya. Hadapi segala cobaan keburukan dan kebaikan sesuai dengan panduan-Nya.

Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam,
(QS.Al-An'am[6]:162)

Dan Ibrahim mewasiatkan (ucapan) itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya'qub. "Wahai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini untukmu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim."
(QS.Al-Baqarah[2]:132)

Sungguh, orang-orang yang kafir dan mati dalam keadaan kafir, mereka itu mendapat laknat Allah, para malaikat, dan manusia seluruhnya,
(QS.Al-Baqarah[2]:161)