Gambaran Surga sebagai Rumah Abadi Terakhir Orang Beriman

13 April 2023
gambar

H 21 Ramadhan

Gambaran Surga sebagai Rumah Abadi Kita Terakhir Orang Beriman

Siapa yang tidak kenal surga? Apalagi orang muslim yang mana salah satu yang perlu diimani adalah keberadaan akhirat yang terdiri dari Surga dan Neraka.

Di bulan penuh berkah dan keutamaan ini, Allah menampilkan salah satu bentuk keutamaannya dalam hadits berikut ini.

"Apabila Ramadhan tiba, pintu Surga dibuka, pintu Neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu."
(HR.Bukhari no.1899 dan Muslim no.1079)

Bayangkan kita dapat melihat Surga serta Neraka. Akan tetapi, hal ini bukanlah tentang melihatnya, tapi bagaimana merasakannya.

Bagaimana gambaran Surga yang sudah Allah kabarkan lewat Al-Quran dan Rasul-Nya?

1. Di dalamnya mengalir sungai-sungai, para penghuninya diberikan gelang emas dan mutiara serta pakaian sutra
"Sesungguhnya Allah akan memasukkan orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Di dalamnya mereka diberi perhiasan berupa gelang emas dan mutiara. Pakaian mereka di dalamnya adalah sutra.”
(QS.Al-Hajj[22]:23)


2. Penuh dengan perkataan bermanfaat, terdapat mata air mengalir serta tempat istirahat yang nyaman

"Pada hari itu banyak (pula) wajah yang berseri-seri, merasa puas karena usahanya. (Mereka) dalam surga yang tinggi. Di sana kamu tidak mendengar (perkataan) yang tidak berguna. Di sana ada mata air yang mengalir. Di sana ada (pula) dipan-dipan yang ditinggikan, gelas-gelas yang tersedia (di dekatnya), bantal-bantal sandaran yang tersusun, dan permadani-permadani yang terhampar."
(QS.Al-Ghasyiyah:8-16)


3. Segala kenikmatan surga bukan yang bisa di-indera oleh indera manusia, kenikmatannya *jauh melampaui* itu semua. NIKMAT BANGET!!!

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda,
"Allah azza wa jalla berfirman, 'Aku telah menyediakan bagi hamba-hamba-Ku yang saleh kenikmatan yang belum pernah mata melihatnya, belum pernah telinga mendengarnya, dan belum pernah pula terbetik dalam kalbu manusia'."
(HR.Al-Bukhari dalam ash-Shahih no. 3244 dan 4779)


4. Jibril berkata jika manusia pernah mendatangi surga dan melihat segala dalam surga untuk penghuninya sebagaimana dirinya, ia akan memasukinya karena saking inginnya untuk masuk.

Dari Abu Hurairah ra, dari Rasulullah SAW bersabda,
"Saat Allah menciptakan surga dan neraka, Allah mengutus Jibril ke surga. Jibril melihatnya dan yang dipersiapkan untuk penghuninya. Setelah itu Jibril mendatangi neraka dan melihatnya serta segala yang dipersiapkan untuk penghuninya. Kemudian Jibril kembali kepada-Nya.

Jibril berkata,”'Demi keperkasaan-Mu, tidaklah seseorang mendengarnya (surga) melainkan akan memasukinya.'..."

(HR.At-Tirmidzi)


5. Mengetahui Allah meliputi surga dengan hal yang tidak menyenangkan, Jibril berkata bahwa khawatir tidak akan ada manusia yang memasukinya.

"...Allah berfirman, 'Kembalilah ke surga lalu lihatlah apa yang telah Aku persiapkan untuk penghuninya.'
Jibril kembali ke surga, ternyata surga telah diliputi oleh hal-hal yang tidak menyenangkan.
Jibril kembali pada-Nya, dia berkata, 'Demi keperkasaan-Mu, aku khawatir tidak akan ada seorang pun yang memasukinya.'..."

(HR.At-Tirmidzi)


Apakah kita akan menjadi orang-orang yang mengimani eksitensi surga hingga akhir hayat kita?
Apakah kita akan berusaha untuk bisa masuk ke dalamnya walaupun harus melalui hal yang tidak menyenangkan di dunia ini?

#GambaranSurga #yukdonasi #kelaparan #kemiskinan #bantuan #kesehatan #donasipeduli #donasisosial #donasikemanusiaan #donasimakanan #pendidikan #berbagirezeki #kemiskinanindonesia #donasikesehatan #donasipendidikan #donasifasilitasumum #donasibencanaalam #Yabima #bumiinsanmadani #sosial #sejahtera #shadaqah #infaq #zakat