Doa Saat Kehilangan

08 Juni 2022
gambar

[Doa Saat Kehilangan]

Kehilangan adalah satu satu dinamika dan ujian dalam hidup manusia. Saat kehilangan, wajar jika kita sebagai manusia merasa sedih. Rasulullah sendiri pernah menangis saat anaknya Ibrahim meninggal dunia pada usia 18 bulan. Beliau menangis hingga terisak-isak dan sempat larut dalam kesedihan, para sahabat pun menjadi khawatir melihatnya dan seakan ingin mengingatkan Nabi agar jangan menangisi orang yang sudah meninggal.

Akan tetapi kemudian beliau mengatakan:

"Aku tidak melarang orang berduka cita. Yang aku larang adalah menangis sambil menjerit-jerit dengan suara yang meraung-raung."

"Apa yang kalian saksikan pada diriku saat ini merupakan akibat dari rasa cinta dan kasih sayang yang ada di dalam hatiku. Orang yang tidak dapat menunjukkan kasih sayangnya, ia tidak akan mendapatkan kasih sayang dari orang lain."

Sabda beliau dalam hadits lainnya:
"Dengarkan, sesungguhnya Allah tidak mengadzab orang yang meninggal itu lantaran tetesan air mata, dan Allah pun tidak mengadzab jenazah lantaran hati yang sedih, akan tetapi Allah mengadzab atau merahmati mayat tersebut lantaran ini (lisan). Dan beliau memberi isyarat pada lisannya."
(Muttafaqun ‘alaih)

Amalan yang dapat dilakukan saat kehilangan orang tersayang adalah membaca doa berikut:

"Siapa saja dari hamba yang tertimpa suatu musibah lalu ia mengucapkan 'Inna lillahi wa inna ilaihi rooji'un. Allahumma'jurnii fii mushibatii wa akhlif lii khoiron minhaa' (Artinya: Segala sesuatu adalah milik Allah dan akan kembali pada-Nya. Ya Allah, berilah ganjaran terhadap musibah yang menimpaku dan berilah ganti dengan yang lebih baik)', maka Allah akan memberinya ganjaran dalam musibahnya dan menggantinya dengan yang lebih baik."
(HR.Muslim No.918)

Semoga dengan amalan ini, dapat terus menguatkan hati orang-orang yang sedang mengalami kehilangan.

#WebinarYabima #BumiInsanMadani #Yabima #Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Donasi #DoaKehilangan