Bulan Syawal Tiba, Tak Lupa Puasa Juga

09 Mei 2021
gambar

Rasa bahagia bercampur dengan kesedihan tatkala dipisahkan dengan bulan penuh keberkahan dan ampunan ini. Waktu begitu cepat berlalu, tak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan akan berganti dengan bulan Syawal.

Meski kita berpisah dengan bulan Ramadhan, semoga kita mendapat ampunan dari Allah SWT. karena tidak ada nikmat yang lebih besar daripada ampunan-Nya, pun kita mendapatkan gelar taqwa dari-Nya, serta dengan penuh harapan semoga kita dipertemukan oleh Allah SWT. dengan bulan ramadhan di tahun berikutnya. Aamiin ya Allah

Berbicara tentang bulan Syawal, bergemberilah karena di bulan ini ada kabar bahagia bagi mereka yang selalu memprioritaskan negeri akhirat.

Apa kabar bahagia tesebut??? Jeng jeng jeng hehehe, ternyata di bulan ini terdapat amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Amalan tersebut ialah berpuasa selama enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fitri. Meski hukumnya tidak wajib seperti berpuasa di bulan Ramadhan, namun sangat disayangkan jika melewatkannya.

Berpuasa di bulan Syawal memiliki banyak keutamaan, salah satunya ialah bagai seseorang yang berpuasa selama setahun penuh.

Di dalam hadist, Rasulullah SAW. bersabda,
"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti orang yang berpuasa setahun penuh." (HR. Muslim)

Namun perlu diketahui ya teman, jika kita mempunyai hutang berpuasa Ramadhan alias qadha, ada baiknya untuk melunasinya terlebih dahulu, karena hal tersebut hukumnya wajib, sedang puasa Syawal hukumnya sunnah. Tenang rasanya jika hutang puasa telah terlunasi.

Semoga bermanfaat..
Yuk kita berfastaiqul khairat, kita persembahkan pada Allah dengan mengikuti arahan-Nya dan telah dicontohkan oleh Rasul-Nya.

----------------
Follow @bumiinsanmadani
Mewujudkan Umat Islam Indonesia Madani

https://linktr.ee/bumiinsanmadani
bumiinsanmadani.org
085314086240

#Ramadhan #BumiInsanMadani #Yabima
#Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Zakat #Donasi