Bermuhasabahlah, Agar Tidak Termasuk yang Celaka

06 Mei 2021
gambar

"Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan, tetapi sampai Ramadhan berakhir ia masih belum mendapat ampunan Allah." (HR. Bukhari)

Astaghfirullah, dipertanyakanlah selama Ramadhan ia melakukan amalan-amalan yang mendatangkan ridha/ampunan Allah atau justru malah mengundang murka-Nya? Padahal bulan Ramadhan adalah bulan dimana pintu ampunan Allah terbuka lebar, sungguh sebuah kerugian besar jika dosa-dosa masih belum diampuni-Nya.

Tidak menutup kemungkinan bahwa seorang yang celaka tersebut tidak memaknai bulan Ramadhan dengan keimanan, bahkan tidak menutup kemungkinan pula dalam menyambut bulan Ramadhan pun sudah tumbuh bibit-bibit malas.

Ajaklah hati kita untuk merenungkan hadits di atas. Ini menjadi reminder bagi kita, agar di bulan Ramadhan ini kita tidak menyia-nyiakan untuk berfastabiqul khairat di jalan Allah sehingga ridha dan ampunan-Nya dapat kita raih.

Kita mengetahui bersama, bahwasannya kita sebagai manusia tidak luput dari salah dan dosa, siksa/azabpun menjadi balasannya. Maka sebuah harapan besar ampunan Allah kita dapatkan sehingga kita tidak termasuk orang-orang yang 'celaka' dan merugi di bulan Ramadhan.

Oleh sebab itu, sebelum kita dipisahkan dengan bulan penuh keberkahan ini, ada baiknya kita bermuhasabah diri. Sudahkah kita memaknai bulan Ramadhan ini seperti Rasulullah dan para sahabat maknai? Mari kita perbanyak beristighfar sebagai salah satu usaha kita meraih ampuanan-Nya.

Semoga Allah mengistiqomahkan kita dan menguatkan kesabaran kita untuk berfastabiqul khairat di bulan Ramadhan ini, sehingga ridha dan ampunan-Nya bisa kita dapatkan, pun ketaqwaan menjadi gelar kita. Aamiin ya Allah..

----------------
Follow @bumiinsanmadani
Mewujudkan Umat Islam Indonesia Madani

https://linktr.ee/bumiinsanmadani
bumiinsanmadani.org
085314086240

#Ramadhan #BumiInsanMadani #Yabima
#Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Zakat #Donasi