Berangkat Umroh untuk Selfie?

19 Mei 2023
gambar

Belakangan ini kembali ramai video Ulama Madinah yang menyindir jamaah umroh/haji Indonesia yang suka berselfie. Sayangnya, selfie yang dilakukan melanggar beberapa adab dari ibadah itu sendiri.


Selain melanggar adab-adab ketika mendengarkan khutbah, berlebihan dalam berfoto juga dikhawatirkan mengarah pada riya yang bisa menyebabkan terhapusnya pahala suatu amalan.


Padahal amalan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi memiliki nilai yang luar biasa berkali lipat.


صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ

"

Salat di masjidku ini lebih utama daripada 1000 salat di masjid lainnya, kecuali di Masjidil Haram. Dan salat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 salat di masjid lainnya," (HR Ibnu Majah dan Ahmad)


Semoga kelak ketika Allah mengundang kita ke Baitullah, kita bisa bijak berfoto dan memaksimalkan ibadah dengan ibadah terbaik kita ya sob.

sumber:

islam.nu.or.id

almanhaj.or.id

detik.com


#selfie #umroh #haji #kabah #mesjidnabawi #masjidilharam #yukdonasi #kelaparan #kemiskinan #bantuan #kesehatan #donasipeduli #donasisosial #donasikemanusiaan #donasimakanan #pendidikan #berbagirezeki #kemiskinanindonesia #donasikesehatan #donasipendidikan #donasifasilitasumum #donasibencanaalam #Yabima #bumiinsanmadani #sosial #sejahtera #shadaqah #infaq #zakat