Apakah Ilah Itu?

06 Oktober 2022
gambar

Ilah merupakan kata lain selain Rabb di dalam Al-Quran yang diartikan sbg Tuhan. Dalam kamus bahasa Arab, ilah berasal dari kata alif-laam-haa. Ilah tidak hanya sekedar Tuhan. Tuhan dari kata Rabb bermakna sang pencipta, pemilik, pengatur. Sedangkan tuhan dari Ilah bermakna sbg sesuatu yang dipentingkan (dianggap penting) oleh manusia sehingga manusia merelakan dirinya dikuasai (didominasi) olehnya (sesuatu itu).

Dari pengertian dan gambaran ilah tsb, tuhan bisa apapun baik benda hidup ataupun benda mati bahkan dirinya sendiri. Dan dari situ pula tidak mungkin ada konsep atheisme karena manusia menjalani hidup pastilah memiliki sesuatu yang mendominasi dirinya (ilah baginya), tapi yang mungkin ada adalah bertuhan satu atau bertuhan banyak. Kata khusus ilah dalam bahasa arab ditandai dg alif-lam di depan menjadi al-ilah atau dikenal dg Allah sebagaimana dalam syahadat tauhid.

Gambaran ilah ini sangatlah cocok dengan kasus chauvinisme. Chauvinisme sendiri adalah sikap kesetiaan ekstrem terhadap suatu pihak/keyakinan/kelompok tanpa mau mempertimbangan pandangan alternatif. Chauvinisme tidak hanya menunjukkan loyalitas atau ikatan dengan kelompok, tetapi mencakup kebencian atau permusuhan terhadap kelompok lain yang menentang. Adanya sikap ini dapat mengakibatkan masyarakat menjadi terkotak-kotak. Misalnya klub sepakbola, para penggemarnya rela melakukan apa saja demi klub kesayangannya, rela mengeluarkan uang untuk nonton tim kesayangan, rela melanggar solat, rela melakukan kerusakan bahkan sampai membuat nyawa orang lain melayang. Maka klub sepakbola itulah ilah baru mereka!

Turut berduka cita atas hilangnya ratusan nyawa pada Tragedi Kanjuruhan 1 Okt yg lalu. Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, semoga mereka mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Dan semoga yang masih hidup mendapatkan hidayah.

#ilah #dukacita #kanjuruhan #donasi #yukdonasi #kelaparan #kemiskinan #bantuan #kesehatan #donasipeduli #donasisosial #donasikemanusiaan #donasimakanan #pendidikan #berbagirezeki #kemiskinanindonesia #donasikesehatan #donasipendidikan #donasifasilitasumum #donasibencanaalam #Yabima #bumiinsanmadani #sosial #sejahtera #shadaqah #infaq #zakat