Allah Akan Mengabulkan Do'a Hamba-Nya

01 Juni 2021
gambar

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Musa al-Asy’ari, ia menceritakan, ketika kami bersama Rasulullah saw dalam suatu peperangan, kami tidak mendaki tanjakan, menaiki bukit, dan menuruni lembah melainkan dengan mengumandangkan takbir. Kemudian beliau mendekati kami dan bersabda, “Wahai sekalian manusia, sayangilah diri kalian, sesungguhnya kalian tidak berdoa kepada Dzat yang tuli dan jauh. Tetapi kalian berdoa kepada Rabb yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat. Sesungguhnya yang kalian seru itu lebih dekat kepada seorang di antara kalian dari pada leher binatang tunggangannya. Wahai Abdullah bin Qais, maukah engkau aku ajari sebuah kalimat yang termasuk dari perbendaharaan surga? Yaitu
‎لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ
(Tiada daya dan kekuatan melainkan hanya karena pertolongan Allah). (HR. Bukhari dan Muslim)


Allah swt tidak menolak dan mengabaikan doa seseorang, tetapi sebaliknya Allah Maha Mendengar doa. Ayat ini merupakan anjuran kepada kita untuk senantiasa berdoa. Setiap doa akan dikabulkan dan Allah tidak akan pernah menyia-nyiakan doa hamba-Nya.


Namun ketika berdoa hendaknya tidak terburu-buru. Seperti yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi Muhammad saw bersabda:
“Tetap dikabulkan doa seorang hamba, selama ia tidak berdoa untuk perbuatan dosa atau pemutusan hubungan (silaturrahmi) dan selama tidak meminta dipercepat.” Ada seseorang bertanya, “Ya Rasulullah, apa yang dimaksud dengan minta dipercepat itu?” Beliau pun menjawab, “(Yaitu) ia berkata, Aku sudah berdoa dan terus berdoa tetapi belum pernah aku melihat doaku dikabulkan. Maka pada saat itu ia merasa letih dan tidak mau berdoa lagi.” (HR. Muslim)


(Sumber: Tafsir Ibnu Katsir)

----------------
Follow @bumiinsanmadani
Mewujudkan Umat Islam Indonesia Madani

https://linktr.ee/bumiinsanmadani
bumiinsanmadani.org
085314086240

#ArtikelYabima #BumiInsanMadani #Yabima
#Foundation #Yayasan #Sosial #Sejahtera #Shadaqah #Infaq #Zakat #Donasi