BLOG

gambar

Tips Mengajarkan Anak Puasa

Bulan Ramadhan adalah moment yang tepat untuk mengajarkan anak berpuasa. Walaupun kini kita sudah hampir bertemu dengan penghujung Ramadhan, tidak ada salahnya kita terus mengingat kembali beberapa tips cara mengajarkan anak berpuasa : - Memberi penjelasan mengenai puasa - Memberikan contoh berpuasa pada anak - Mulai dari puasa setengah hari - Melakukan kegiatan seru saat ngabuburit - Siapkan makanan favorit untuk berbuka puasa - Memberikan penghargaan untuk anak Walaupun tak mudah... Mengajarkan si anak berpuasa sejak dini sangatlah penting agar si anak terbiasa sampai nanti dia besar. Semangat ya para orang tua!
LANJUTKAN MEMBACA
gambar

Buka Puasa Atau Shalat Dulu?

Waktu berbuka puasa adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh ummat muslim. Ditandai dengan terbenamnya matahari dan mulai berkumandangnya adzan maghrib. Adzan yang pertama kali didengar adalah tanda bahwa waktu berbuka sudah tiba, tidak perlu menunggu adzan selesai, atau menunggu adzan ditempat lain seperti menunggu adzan di televisi, menunggu adzan di aplikasi gadget kita, dll. Segera membatalkan puasa ketika adzan maghrib berkumandang adalah sunnah Rasulullah shalallahu'alaihi wassallam, beliau berbuka puasa sebelum menunaikan sholat maghrib dengan memakan ruthob atau kurma basah. Jika tidak ada ruthob, beliau berbuka dengan kurma kering. Dan jika tidak ada kurma kering, beliau berbuka dengan seteguk air.
LANJUTKAN MEMBACA
gambar

Yang Wajib Membayar Zakat Fitrah

Siapa saja yang wajib membayar Zakat Fitrah? Dari Ibnu Umar radliyallahu 'anhu, berkata: فَرَضَ رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – زَكَاةَ اَلْفِطْرِ, صَاعًا مِنْ تَمْرٍ, أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ: عَلَى اَلْعَبْدِ وَالْحُرِّ, وَالذَّكَرِ, وَالْأُنْثَى, وَالصَّغِيرِ, وَالْكَبِيرِ, مِنَ اَلْمُسْلِمِينَ, وَأَمَرَ بِهَا أَنْ تُؤَدَّى قَبْلَ خُرُوجِ اَلنَّاسِ إِلَى اَلصَّلَاةِ "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha' kurma atau satu sha' gandum, atas budak dan orang merdeka, laki-laki dan perempuan, anak kecil dan orang besar dari kalangan orang Islam. Dan beliau memerintahkan agar ditunaikan sebelum orang-orang pergi menunaikan shalat ('idul Fitri)." (Muttafaq Alaih) Nabi shallallahu 'alaihi wasallam telah menerangkan dalam hadits di atas bahwa zakat fitrah diwajibkan atas semua orang Islam, besar ataupun kecil, laki-laki atau perempuan, dan orang merdeka atau hamba sahaya. Akan tetapi untuk anak kecil ditanggung zakatnya oleh walinya.
LANJUTKAN MEMBACA